Jaringan Komputer,Konsep Database dan Aplikasinya

PERANGKAT PENYUSUN JARINGAN

Jaringan Komputer Merupakan Sistem Yang Terdiri Dari gabungan Beberapa Perangkat Komputer Yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya , berkomunikasi dan akses informasi dari berbagai komputer yg satu dengan komputer yg lain.

Adapun perangkat-[erangkat penyusunnya sebagai berikut:

1. Network Interface Card (NIC)
Merupakan kartu jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer satu dengan lainnya dalam sebuah sebuah jaringan dengan media kabel. Network Interface Card dikenal dengan istilah Ethernet Card atau LAN Card.Hasil gambar untuk nic

Pada Generasi Komputer Pentium IV kebawah perangkat ini masih terpisah dengan motherboard dengan macam-macam Jenis Slot LAN Card, dan Generasi Komputer Pentium IV keatas pada Umumnya NIC sudah terintegrasi dengan motherboard. dan teknologi berikutnya terdapat teknologi NIC portable yaitu berupa NIC USB.
2. Kabel Jaringan
Merupakan peralatan yang berfungsi sebagai media penghubung antar perangkat seperti penghubung komputer dengan komputer, komputer dengan Switch, serta komputer dengan perangkat jaringan lainnya. secara umum dikenal 3 jenis kabel yang bisa digunakan untuk menyambungkan jaringan komputer;Hasil gambar untuk kabel jaringan

  • Twisted Pair (UTP dan STP)
  • Coaxial
  • Fiber Optic
3. Konektor
Merupakan alat yang berfungsi untuk memasangkan sambungan pada pertengahan maupun ujung sebuah kabel yang bisa digunakan untuk menghubungkan kabel dengan kabel dan menghubungkan kabel dengan NIC. terdapat beberapa Jenis konektor yang bisa digunakan, tentu harus sesuai dengan jenis kabel yang digunakan. secara umum jenis konektor yaitu:

Hasil gambar untuk konektor

  • Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
  • Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
  • Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic

4. Hub

Gambar terkait

 

Merupakan sebuah terminal berufungsi sebagai penguhubung yang mempertemukan antara client (workstation), server atau perangkat lain. Secara umum perangkat ini digunakan pada Topologi Jaringan bintang, dengan kabel UTP/STP dan Konektor RJ 45.
5. Switch
Hasil gambar untuk switch di komponen komputer
Fungsi dari switch adalah sama dengan hub. Namun sebenarnya cara kerja switch lebih cerdas bila dibandingkan dengan hub. kelebihan Switch yaitu dapat memproses informasi pada lapisan atau layer data link, switch akan selalu memeriksa alamat MAC address dari setiap perangkat dan komputer yang tersambung dengan dirinya. Sehingga lalu lintas jaringan lebih lancar.6. Repeater

Gambar terkait
Berfungsi sebagai penguat sinyal apabila jarak jaringan sudah melebihi batas maksimum suatu jaringan. cara kerja nya yaitu menerima sinyal dari suatu segmen jaringan kemudian memancarkan kembali ke segmen jaringan lainnya dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli.7. Bridge

Hasil gambar untuk bridge di komponen komputer
Memiliki fungsi yang sama dengan repeater tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dari pada repeater. dikatakan cerdas karena bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. contoh bridge bisa menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.8. Router

Berfungsi sebagai perangkat dalam jaringan komputer yang dapat penghubung antara jaringan yang satu network atau berbeda network. Router dapat menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya.

Hasil gambar untuk router di komponen komputer

9. Acces Point

Hasil gambar untuk Acces point di komponen komputer
Berfungsi sebagai terminal penghubung seperti HUB/Switch dengan cara memancarkan sinyal wirrelles berupa SSID yang nantinya bisa ditangkap oleh wirelless penerima pada masing-masing komputer. dengan fasilitas yang dimiliki seperti IP AddressDHCP, Security, dll.10. Wireless Card

Hasil gambar untuk wireless card di komponen komputer
Berfungsi untuk menangkap sinyal dan menyambungkan nya ke SSID yang dipancarkan oleh Access Point.

11. Modem

Hasil gambar untuk modem di komponen komputer
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer lokal ke internet. Fungsi utama modem yaitu mengubah sinyal Analog menjadi sinyal Digital. Saat modem tersambung dengan komputer dan ingin mengirimkan data keluar maka Modem akan mengganti sinyal menjadi sinyal analog dan ketika data terkirim ke komputer yang dituju makam modem merubah kembali sinyal tersebut menjadi sinyal digital.

Konsep Dasar Database


Data berasal dari bahasa latin yaitu datum, yang berarti item informasi. jika lebih dari satu datum (jamak) maka disebut dengan data. jadi dapat disimpulkan data adalah bentuk jamak dari datum.
Database ( Basis Data ) Merupakan Kumpulan dari suatu data yang tersimpan dan saling berhubungan satu sama lain tersimpan dalam suatu komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
Penerapan database dalam suatu informasi disebut dengan datebase System.
Suatu data didefinisikan sebagai kumpulan data yang disatukan didalam suatu organisasi.Organisasi tersebut data dikatakan sebagai company, bank sekolah – sekolah, universitas – universitas dan lain – lain. Maksudnya database digunakan untuk menyimpan semua data yang diinginkan pada suatu lokasi tertentu.sehingga suatu data dalam organisasi tersebut dapat dieleminasi.
Hasil gambar untuk konsep database
Data perlu disimpan di dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut.data didalam basis data supaya dirganisasikan sedemikian rupa, sehingga membentuk informasi yang lebih berkualitas.
1. KOMPONEN BASIS DATA 
    komponen didalam basis data ada 4 yang mendominasi, :
    a.  Data
       

Ciri-ciri data didalam database :

  • Data disimpan secara terintegrasi (integrated) : Database merupakan kumpulan dari berbagai macam file dari aplikasi-aplikasi yang berbeda, yang disusun dengan cara menghilangkan bagian-bagian yang rangkap (redundant)
  • Data dapat dipakai secara bersama-sama (shared) : Masing-masing bagian dari database dapat diakses oleh pemakai dalam waktu yang bersamaan, untuk aplikasi yang berbeda.

b. Hardware ( Perangkat Keras )
Terdiri dari semua perangkat keras koputer sebagai pengolahan database tersebut :

  • Peralatan untuk menyimpan data base , yaitu second storage (Harddisk, CD, disket, flashdisk dll)
  • Peralatan out put & Input Device.
  • Peralatan Komunikasi data

c. Software ( Perangkat Lunak )
Berfungsi sebagai perantara (interface) antara pemakai dengan data physik pada database. Softwar
pada sistem database dapat berupa:

  •  DBMS ( Database Management System ) ,Menangani akses dalam database , sehingga proses tidak terlalu memikirkan penyimpanan dan pengolahan yang terlalu detail.
  • Program – program aplikasi dan prosedur – prosedur.

d. User
     Terbagi menjadi 4 klasifikasi :
a. Sistem Engineer
Yaitu tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan sistem basis data dan
juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari sistem tersebut
kepada pihak penjual.
b. Database Administrator (DBA), orang/tim yang bertugas mengelola system
database secara keseluruhan.
c. Programmer, orang/tim membuat program aplikasi yang mengakses database dengan
menggunakan bahasa pemprograman
d. End user, orang yang mengakases database melalui terminal dengan menggunakan
query language atau program aplikasi yang dibuat oleh programmer.

Pengertian dan contoh Aplikasi database

Database dapat diartikan sebagai kumpulan data yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang terintegrasi satu sama lain, dimana setiap pemakai (user) diberi wewenang (otorisasi) untuk dapat mengakses (mengubah, menghapus, menganalisis, menambah, memperbaiki) data dalam tabel-tabel tersebut. Tabel itu berfungsi untuk menyimpan data dan merupakan suatu kumpulan data yang berhubungan dengan topik tertentu, misalnya daftar pegawai, daftar inventaris barang atau buku tamu.

Contoh-contoh dari aplikasi database engine misalnya seperti:

SQL Server, dibuat oleh Microsoft.
MS Access, dibuat oleh Microsoft.
Oracle Database, dibuat oleh Oracle.
MySQL, dibuat oleh MySQL AB.
Firebird, dibuat oleh komunitas open source berdasarkan dari kode Interbase.
PostgreSQL, dibuat oleh komunitas open source.
DB2, dibuat oleh IBM.

 

Daftar Pustaka

https://meianggrainiotk.wordpress.com/2013/02/18/%E2%99%9B-pengertian-dan-contoh-aplikasi-database-%E2%99%9B/
http://ilmuttgkomputer.blogspot.com/2015/06/kali-ini-saya-akan-menjelaskan-tentang.html
http://konsepdasardatabase.blogspot.com/
Print Friendly, PDF & Email